Total Pageviews

Tuesday, January 27, 2015

Pulau Sangalaki

Habitat terbesar penyu hijau di Asia Tenggara. Pulau  ini  merupakan  kawasan  alami konservasi penyu. Setiap malamnya hampir 50 ekor penyu menuju pantai untuk bertelur. Dengan tubuhnya yang berat, penyu-penyu ini berjuang  menuju  pantai demi kelangsungan hidupnya. Selain itu, menyaksikan anak-anak tukik yang baru menetas berjuang menuju ke laut melanjutkan kehidupannya sungguh mengharukan. Di pulau ini terdapat WWF (World Wil Foundation) yang bergerak dalam hal konservasi terhadap penyu-penyu tersebut. Tidak diperkenankan untuk berburu penyu ataupun mengambil telur penyu. Telah ada peraturan yang melindungi terhadap penyu-penyu tersebut dari perburuan
Sangalaki juga termasuk pusat habitat Pari Manta di dunia. Penyelaman di Sangalaki terkenal dengan atraksi Pari Mantanya berenang berirama seolah-olah sedang menari. Suasana di pulau ini sangat alami dan indah. Di pulau ini juga terdapat Sangalaki Dive Lodge. Resort ini menyediakan fasilitas untuk penyelaman, penginapan, took aksesoris dan restaurant. Sangalaki dive Lodge ramai dikunjungi, penyelamannya menakjubkan dan kehidupan bawah lautnya sangat eksotik. Dapat ditemukan Cuttlefish, Blue Ribbon Eels, penyu, pari manta, hiu dan puluhan spesies Nudibranch, ratusan spesies karang keras dan lunak yang menampilkan keindahan antara terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna- warni.

LOKASI
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

INFORMASI
  • Telepon                : -
  • Website                : -
  • Email                     : -
  • Jam operasional  : -
  • Biaya masuk        : -

FASILITAS
Tersedia resort dengan kapasitas 14 cottages. Setiap cottage dilengkapi dengan dua tempat tidur dan kamar mandi. Bagi para diver yang ingin menyelam, disini juga tersedia lengkap scuba diving gear dan menyewakan sarana wisata tirta berupa kapal motor dan perlengkapan snorkeling yang disediakan oleh pengelola wisata alam di Pulau Sangalaki.

CARA MENUJU KESANA
 Untuk menuju ke Pulau Sangalaki, anda bisa menumpang speed boat dari pulau lainnya yang ada di Kepulauan Derawan. Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Dari Tanjung Redeb diperlukan waktu 2,5 jam untuk menuju ke pelabuhan.
Tanjung Redeb mempunyai bandara yang melayani rute dari Jakarta. Sementara speed boat yang ada di Pelabuhan Tanjung Batu bisa disewa dengan biaya Rp 400.000 untuk menuju ke Pulau Sangalaki. Tidak seperti Pulau Derawan yang setiap jum’at disinggahi oleh Kapal Cepat, Pulau Sangalaki tidak mempunyai fasilitas ini. Jadi satu-satunya cara adalah menggunakan speed boat sewaan

KETERANGAN
Dipulau sangalaki hanya mempunyai 1 resort.


Sumber: Dinas Pariwisata Kalimantan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons