Total Pageviews

Thursday, May 8, 2014

PANTAI AYAH ATAU PANTAI LOGENDING




Pantai Logending, Pantai Ayah

Pantai ini tidak jauh dari lokasi wisata Goa Jatijajar, kurang lebih berjarak 6 kilometer, sedangkan dari poros Jl. Propinsi kurang lebih 15 km kearah selatan, tepatnya didesa Ayah, Kecamatan Ayah, Kebumen, atau juga bisa dicapai melalu jalur selatan Yogya Gombong namun perlu diperhatikan kalau melewati jalur ini jalan yang sempit dan masih sangat kurangnya prasarana jalan. Disebut Pantai ayah karena lokasinya di Desa Ayah namun juga sering disebut Pantai Logending diambil dari nama sebuah pohon orang menyebut Lo yang kayunya bisa dibuat sebagai gamelan (alat musik jawa) yang sering disebut gending pengabungan nama pohon dan hasilnya tersebut menghasilkan nama Logending. Yang perlu diperhatikan adalah dalam mencapai lokasi ini petunjuk arah masih ada yang menggunakan pantai Ayah dan juga pantai Logending sehingga orang yang belum tahu akan berpikir bahwa dua petunjuk itu merupakan lokasi yang berbeda.


Pantai ini sangatlah elok karena diapit oleh dua pegunungan, dan juga dipadu dengan hutan wisata dan juga wisata sejarah karena dulu tempat ini merupakan tempat pengintaian dan pos jaga para tentara Belanda dan Jepang selama menjajah Indonesia, sedangkan Hutan Logending pernah menjadi persembunyian tentara Republik Indonesia dalam berjuang mempertahankan daerah sekitar hutan tersebut. Ini dibuktikan dengan beberapa bangunan yang masih ada berupa benteng ditepi pantai di atas hutan pegunungan.
Pantai  Logending, Tempat pelelangan ikan
Pantai ini berkarakter pantai Nelayan sehingga tidak heran jika dijumpai banyak kapal nelayan yang disandarkan dan juga yang pasti tempat pelelangan ikan sebagai tempat penjualan hasil melaut. Hamparan pasir pantai yang landai dan bersih sangatlah nyaman dalam kita menikmati indahnya pantai tidak terlalu was-was dengan gulungan ombak. Bagi anak-anak juga banyak disediakan oleh pengelola tempat wisata ini bermacam-macam permainan yang akan membuat anak-anak betah menikmatinya. Satu hal lagi bagi yang senang camping/berkemah pihak pengelola menyediakan tempat perkemahan yang luas, jadi bisa berkemah dan juga berwisata.
Selain itu jika kita menyusuri pantai ini kita akan menemukan satua muara sungai yang elok, namanya muara sungai bodo. Jika kita ingin menikmati indahnya sungai ini kita bisa menyewa perahu dari nelayan untuk berkeliling disepanjang sungai ini.

Harga tiket masuk ke lokasi ini untuk dewasa Rp. 4.500,- dan anak-anak Rp. 2.500,-. Murah dan sangat terjangkau,  dibanding dengan keindahan alam yang dapat kita nikmati.

SUMBER : http://www.kebumenkab.go.id/index.php/public/potenda/detail/3

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons