Total Pageviews

Monday, December 1, 2014

Ribut "Manusia Perahu", Australia Tunjuk Dubes Baru untuk RI

Ribut Manusia Perahu, Australia Tunjuk Dubes Baru untuk RIPemerintah Australia menunjuk Paul Grigson sebagai duta besar (Dubes) baru untuk Indonesia. Grigson ditunjuk saat kedua negara berpolemik soal penanganan pencari suaka atau manusia perahu.

“Paul Grigson akan meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dan Perdagangan untuk menjadi Dubes yang betugas di Jakarta,” tulis Fairfax Media, Selasa (2/12/2014).

Grigson akan menggantikan Greg Moriarty, Dubes Australia untuk Indonesia sebeumnya yang telah ditarik pada November 2014 lalu.

Grigson adalah seorang perwira senior yang diyakini mampu mendinginkan hubungan diplomatik Australia dan Indonesia yang sensitif terkait kebijakan baru Australia dalam menangani “manusia perahu”.

Sebelumnya, Australia di bawah pemerintahan Perdana Menteri Tony Abbott, sempat bersitegang dengan Indonesia setelah aksi intelijen Australia yang memata-matai para pejabat Indonesia, termasuk mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terungkap beberapa bulan lalu.

Australia tertarik untuk membangun hubungan yang kuat dengan pemerintah baru Indonesia, dengan mendorong Indonesia untuk mengambil peran kepemimpinan yang kuat di tubuh ASEAN untu mengatasi ketegangan di Laut China Selatan.



Sumber: Sindo

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons